subscribe: Posts | Comments

Pelindo Targetkan Terminal Petikemas Siap 2014

0 comments

TEMPO.CO, Surabaya-Direktur Utama PT Pelindo III (Persero) Djarwo Surjanto mengatakan terminal petikemas pelabuhan Indonesia siap beroperasi pada 2014 mendatang. “Saat ini seluruh infrastuktur telah disiapkan dan akan siap pada 2014 mendatang,” kata dia pada Kamis, 20 September 2012.

 

Ia mengatakan infrastuktur yang sedang dibenahi dan ditingkatkan produktifitasnya adalah sarana dan prasarana di terminal petikemas tiap-tiap pelabuhan, alur pelayaran, dan kolam pelabuhan sedalam -13 meter low water spring (LWS).

Pelabuhan BICT Medan

 

Setiap pelabuhan, kata dia, akan memiliki produktivitas kerja yang sama jika terminal petikemas Indonesia ini dioperasikan. Dengan terminal ini diharapkan biaya logistik nasional akan lebih murah. “Biaya logistik di Indonesia saat ini bisa mencapai 40 persen dari harga barang, padahal di negara lain hanya 10 persen,” ujar dia.

 

Djarwo mengatakan pengoperasian terminal peti kemas sedang disosialisasikan kepada perusahaan-perusahaan pelaku pelayaran petikemas domestik dalam konsep »Pendulum Nusantara” yang ditawarkan oleh Pelindo.

 

Konsep ini, kata dia, diharapkan menjadi penghubung wilayah Indonesia bagian barat dan Indonesia bagian timur dengan pelabuhan sebagai pintu gerbangnya. Enam pelabuhan yang disiapkan adalah pelabuhan Belawan Medan, Batu Ampar Batam, Tanjung Priok, Tanjung Perak Surabaya, Makassar, dan Pelabuhan Sorong.

 

»Pelindo I hingga IV akan membentuk anak perusahaan PT Terminal Petikemas Indonesia ditiap-tiap pelabuhan agar fasilitas, pola pelayanan, tarif dan lain-lainnya sama,” ujar dia.

 

Direktur Utama PT Pelindo II, R.J. Lino, mengatakan pemberlakuan »Pendulum Nusantara” akan meningkatkan pemerataan pembangunan ekonomi di berbagai daerah, yang selama ini hanya terpusat di Pulau Jawa. Selain itu juga bisa meningkatkan kontribusi perdagangan domestik.

 

Ketua Umum DPP Asosiasi Pemilik Kapal Indonesia (INSA) Carmelita Hartoto mengatakan kesiapan kesiapan infrastruktur dan produktivitas pelabuhan yang disiapkan akan sangat membantu pembukaan jalur pelayaran ke suatu wilayah.

DINI MAWUNTYAS

BERITA TERKAIT :

  1. Pelabuhan Sibolga Siap Layani Kapal Besar
  2. Pelindo Harapkan Kerja Sama Sumut Bangun Pelabuhan
  3. Kunjungan Kapal di Terminal Peti Kemas Belawan Meningkat
  4. 300 Kaum Duafa Terima Bingkisan dari Pelindo Belawan
  5. Pelindo I Raih Pinjaman Rp5,1 Triliun