subscribe: Posts | Comments

Pelabuhan Internasional Dibangun di Kuala Tanjung

0 comments

BATUBARA. Pemerintah pusat segera membangun pelabuhan laut bertaraf internasional untuk crude palm oil (CPO) curah dan Peti Kemas di Kualatanjung, Kabupaten Batubara.

Hasil musyawarah perencanaan pembangunan nasional (musrenbangnas) 2012, antara pemerintah pusat dan daerah, disepakati sejumlah target pembangunan infrastruktur untuk tahun 2013.

Letak Strategis Pelabuhan Kuala Tanjung di Selat Malaka

Pembangunan difokuskan kepada pelabuhan dan jalan, salah satunya pelabuhan Kualatanjung kata Bupati Batubara, OK Arya Zulkarnaen di Pulau Salah Nama, Sabtu lalu.

Menurut Bupati, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Armida S Alisjahbana sudah memutuskan pembangunan atau revitalisasi infrastruktur di sejumlah wilayah Indonesia. Untuk wilayah Sumatera Utara akan dibangun pelabuhan yang menjadi hub internasional di Kualatanjung.

Pelabuhan Internasional Kualatanjung diharapkan bisa memperkuat sistem distribusi komoditas di Sumatera Utara termasuk dari Kawasan Industri Sei Mangkei, Kabupaten Simalungun.

Pelabuhan Kuala Tanjung milik PT Inalum, kemungkinan nanti, juga akan direvitalisasi setelah diserahkan ke Pemerintah Indonesia. tujuannya sama, yakni mendorong peningkatan ekspor migas, pertanian, perkebunan dari wilayah tersebut.

Layout Master Plan Pengembangan Kuala Tanjung

“Sekarang ini, pembangunan infrastruktur difokuskan kepada model transportasi kereta api dalam rangka mendukung pengangkutan hasil produksi industri hilir Sei Mangkei. tjuannya untuk pertumbuhan wilayah Simalungun dan Batubara, sekaligus mengurangi beban angkutan barang melalui jalan raya,” ungkapnya.

Menurut Bupati, Infratsruktur lain yang akan dibangun atau diperbaiki adalah waduk Laut Tador di Kecamatan Sei Suka untuk mensuplai air bersih untuk kebutuhan kawasan Pelabuhan Internasional dan industri lainnya. “Untuk Batubara, fokus pembangunan pada peningkatan sembilan akses jalan menuju wilayah pelabuhan internasional serta untuk mendukung kawasan ekonomi antara lainnya seperti akses dari kawasan industri Sei Mangkei,” jelasnya. (Sumber: MedanBisnis)

BERITA TERKAIT :

  1. Kuala Tanjung & Bitung Untuk Pelabuhan Internasional
  2. Bupati Batubara Hadiri Seminar Koalisi Industrialisasi
  3. 1001 Manfaat Pelabuhan Pusat Internasional
  4. Pelabuhan Kuala Tanjung Akan Jadi Terbesar di Indonesia
  5. Bersihkan Peredaran Narkoba Internasional di Pelabuhan Teluk Nibung