subscribe: Posts | Comments

Pelindo I Perkuat Pelabuhan Belawan dan Batu Ampar Batam

0 comments

JAKARTA. PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I pada tahun ini fokus mengembangkan dua pelabuhan di Sumatera. Dua pelabuhan yang bakal digarap adalah Pelabuhan Belawan di Medan dan Pelabuhan Batu Ampar di Batam.

Belawan International Container Terminal (BICT)

Kedua pelabuhan dirancang agar terintegrasi dengan empat pelabuhan lain. “Pelabuhan Belawan di Medan dan Batu Ampar di Batam disiapkan untuk mendukung konsep Pendulum Nusantara,” ujar Direktur PT Pelindo I, Alfred Natsir, akhir pekan lalu.

Empat pelabuhan lain yang bakal terhubung dengan Belawan dan Batu Ampar adalah Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Tanjung Perak, Surabaya, Soekarno-Hatta, Makassar, dan Pelabuhan Sorong.

Kemhub menggagas Pendulum Nusantara untuk sistem angkutan laut domestik. Konsep ini untuk menekan sejumlah biaya yang selama ini dikeluhkan para pelaku usaha.

Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono menyatakan, selama ini pengiriman barang melalui jalur laut domestik lebih mahal ketimbang pengapalan barang dari atau ke luar negeri. Misalnya, melalui Singapura.

Dalam Pendulum Nusantara, menurut Bambang, operator pelabuhan dan para pemangku kepentingan menyediakan rute pelayaran sepanjang jalur barat-timur Indonesia. Bambang menyebut pendulum karena akan terus bergerak.

Di Pelabuhan Belawan, Alfred menyatakan, saat ini pelabuhan itu mampu melayani arus bongkar muat peti kemas hingga 1,2 juta twenty-foot equivalent unit (Teus) per tahun. Mulai 2013, volume bongkar muat peti kemas di Pelabuhan Belawan akan ditingkatkan bertahap hingga 2 juta Teus per tahun.

Pelindo I akan meningkatkan kapasitas bongkar muat peti kemas di pelabuhan yang berhadapan langsung dengan perairan Selat Malaka itu sepanjang 2013 hingga 2015.

Selain itu, Pelindo I siap menambah fasilitas pendukung operasional pelayanan bongkar muat di Pelabuhan Belawan. Seperti membangun dermaga sepanjang 350 meter, membangun area penumpukan peti kemas atau container yard seluas 15 hektare. Kemudian pengadaan empat unit container crane dan delapan unit transtainer atau alat pemindah peti kemas.

Fasilitas yang hampir sama juga diberikan untuk Pelabuhan Batu Ampar. Di sini, Pelindo akan membangun dermaga sepanjang 400 meter, container yard seluas 5 ha, pengadaan empat unit container crane dan 40 unit truk. (Sumber: kontam.co.id)

BERITA TERKAIT :

  1. TKBM Belawan Unjukrasa, Pelabuhan Belawan Berjalan Normal
  2. Kunjungan Kapal Di BICT Belawan Meningkat
  3. Kunjungan Kapal Di BICT Belawan Meningkat
  4. Bongkar Muat di BICT Capai 479.640 Teus
  5. Thailand Tinjau Tren Impor Agrikultur di Belawan