:: PELINDO I -- NUMBER ONE!!! ::
Jepang Tertarik Bangun Bandara dan Pelabuhan

INILAH.COM, Jakarta – Jepang mensinyalkan ketertarikan pembangunan bandar udara (airport) dan pelabuhan (seaport) internasional baru di Indonesia.

Demikian disampaikan Menteri Ekonomi, Perdagangan, dan Industri Jepang Yukio Edano dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis (22/9). Namun, proyek tersebut masih membutuhkan studi kelayakan lebih lanjut. “Untuk yang baru perlu studi kelayakan untuk buat airport baru dan seaport baru,” ujarnya.

Proyek pembangunan airport dan seaport ini masuk dalam proyek infrastruktur Metropolitan Priority Area (MPA) untuk jangka panjang.

Rencananya, pembangunan akan dilakukan di sekitar 100 kilometer (km) ke wilayah Timur Jakarta. “Kita harus lakukan satu study untuk kembangkan bandar baru di sekitar Jawa Barat dan ini kita minta technical study untuk bandar baru ini,” tuturnya dalam kesempatan yang sama.

Pembangunan ini sehubungan dengan perkiraan peningkatan pengguna fasilitas airport yang akan mencapai 100 juta orang, dari angka saat ini sebanyak 40 juta orang.

“Sama halnya Tanjung Priok, kita akan tingkatkan kapasitas sampai 9 juta theus. Dan kami sudah siapkan pelabuhan baru yaitu di cilamaya, dalam MPA,” tandasnya. [hid]