subscribe: Posts | Comments

7 Organda Pelabuhan se-Indonesia Bahas Peraturan Menteri ESDM Soal BBM

0 comments

SURABAYA. DPC Organda Khusus Tanjung Perak dan Organda Jatim serius menanggapi surat Peraturan Menteri ESDM No 01/2013 tentang Pengendalian BBM. Organda pun merapatkan barisan dengan organda khusus pelabuhan besar lainnya di Indonesia.

“Tahap awal ini, kami menggelar forum pertemuan dengan tujuh organda yang beroperasi di pelabuhan-pelabuhan besar di Indonesia,” ujar Ketua DPC Organda Khusus Pelabuhan Tanjung Perak Kody F Lamahayu saat dihubungi detiksurabaya.com, Senin (18/3/2013).

Sumber: spacious110.wordpress.com

Ia menerangkan, ke-7 organda khusus pelabuhan itu seperti Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Pelabuhan Belawan Medan, Pelabuhan Makassar, Pelabuhan Cirebon dan Pelabuhan Trisakti Banjarmasin. Rapat yang membahas tentang keberatan terbitnya SK Menteri ESDM tersebut, akan dibahas dalam sehari ini di Surabaya.

“Pertemuan ini sifatnya tertutup. Tapi pada intinya, agenda utama dalam pertemuan forum ini, untuk membentuk komunikasi bagi angkutan pelabuhan, guna merentas dan mengurai berbagai persoalan seputar angkutan logistik, baik yang terkait dengan organda maupun angkutan khusus pelabuhan,” terangnya.

Dia menambahkan, materi krusial terkait kebijakan Menteri ESDM No 01/2013 tentang Pengendalian BBM yang berlaku per 1 Maret 2013, dinilai sangat memberatkan dan sulit diterapkan, sehingga perlu segera direspon dari organda maupun angkutan khusus pelabuhan.

“Keputusan Organda Tanjung Perak sudah jelas. Meminta peraturan menteri itu dicabut. Atau Pemerintah menaikkan harga solar subsidi, atau seluruh transportasi yang menggunakan BBM solar harus menggunakan solar industri atau non subsidi. Jika tidak, Organda Jatim dan Khusus Pelabuhan Tanjung Perak menghentikan seluruh operasional truk. Ya mudah-mudahan, forum antara organda pelabuhan ini mendapatkan titik temu dalam menyikapinya,” jelasnya. (Sumber: detik.com)

BERITA TERKAIT :

  1. Forum Infrastruktur Indonesia di Belanda
  2. DPR Aceh Bahas Anggaran Pemindahan Kontainer ke Pelabuhan Malahayati
  3. Investor Asing Minati Pelabuhan Indonesia
  4. Investasi Pengembangan Pelabuhan Indonesia Rp 439,67 Triliun
  5. Dirjenla Benahi Infrastruktur Pelabuhan Indonesia