subscribe: Posts | Comments

Perpres MP3EI Akan Direvisi

0 comments

LAMPUNG. Pemerintah berencana merevisi Peraturan Presiden (Perpres) mengenai MP3EI. Perubahan tersebut akan dilakukan pada Mei-Juni mendatang untuk menggenjot pembangunan proyek-proyek didalamnya.

Deputi Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas Bidang Sarana dan Prasarana Infrastruktur Dedi Priyadi Priyatna menjelaskan revisi Perpres dilakukan karena ada inisiatif dan juga munculnya kegiatan ekonomi baru.

Sumber: sindoweekly-magz.com

Untuk itu, katanya pemerintah mengadakan rapat koordinasi dengan gubernur Se-Sumatera guna memberikan masukan program yang ingin dikembangkan.

“Akan ada revisi Perpres makanya dikumpulkan gubernur se-Sumatra untuk memberikan masukan program yang mereka ingin kembangkan. Termasuk kawasan ekonomi khusus (KEK) baru. Rencana itu kita sebut living document karena harus direview (rubah). Kalau rencana tidak berubah itu mah dukun. Perubahan rencana jelas wajar, bahkan RPJM itu kan berubah. Perubahan itu disebut new inisiatif,” ujar Dedy.

Dalam acara Rakor Gubernur se-Sumatera dan Rakor MP3EI di Lampung, Rabu (20/3) itu, Dedy mengungkapkan proyek yang diminta oleh para gubernur Se-Sumatera paling banyak disektor infrastruktur seperti pelabuhan, perluasan jalan, bandara, transportasi seperti rel kereta hingga listrik.

Namun Dedy menyatakan porsi yang terbanyak diminta disektor infrastruktur dan transportasi atau perhubungan.

Usulan proyek baru tersebut, akan diserahkan ke Menko Perekonomian sebelum kemudian diteruskan ke Presiden untuk dimasukkan dalam Perpres tersebut.

“Jadi rapat tadi hanya mengkonfirm saja, yang lainnya sudah tertulis,” ujarnya.

Dedy menegaskan ada tiga garis besar dalam proyek MP3EI, yakni:

1. Tol Trans Sumatra tol harus bisa terwujud secepatnya dan groundbreaking mulai tahun ini
2. Trans kereta api Sumatera harus terwujud dan menjadi legasi dari pemerintahan SBY.
3. JSS harus diwujudkan karena Perpres sudah keluar kendati belum berjalan hingga saat ini.

Menurut Dedy pembangunan proyek tol berbentuk penugasan, seperti penugasan PT Kereta Api untuk jalur kereta api Jabodetabek, atau perluasan pelabuhan kepada Pelindo.

“Tapi karena viabilitynya rendah, proyek tersebut hanya bisa dikerjakan apabila ada campuir tangan pemerintah,” jelasnya. (Sumber: beritasatu.com)

BERITA TERKAIT :

  1. SUMATRA UTARA: Butuh 13.000 ha Lahan Infrastruktur untuk MP3EI
  2. MP3EI Butuh 202 Miliar Dolar
  3. Anggota DPR RI Ali Wongso: Pelabuhan Kuala Tanjung Akan Jadi Lokomotif Pembangunan Ekonomi
  4. PROYEK MP3EI: Pemerintah Danai 27% dari Rp481,18 Triliun Proyek PU
  5. INFRASTRUKTUR: Inilah 15 Proyek Prioritas MP3EI