subscribe: Posts | Comments

Pelabuhan Belawan Andalan Kota Medan

0 comments

MEDAN. Pelabuhan Belawan harus segera dimodernisasi, sehingga menjadi pelabuhan yang baik sekaligus menjadi pengembagan koridor wilayah barat.

 

Jika pelabuhan Belawan berhasil dikembangkan dengan baik, maka akan membantu mendorong peningkatan ekonomi masyarakat. Untuk itu, seluruh instansi terkait harus bersinergi agar Pelabuhan Belawan dapat dimordernisasi.

 

Terminal Peti Kemas Belawan

 

Wali Kota Medan, Rahudman Harahap menyampaikan hal itu, dalam acara Coffe Morning dengan Katakan Keluarga Maritim Medan, di ruang VIP Terminal Penumpang Ujung Baru, Pelabuhan Belawan.

 

“Itu sebabnya saya sangat mengapresiasi sekali dilaksanakannya Coffe Morning ini,” kata Rahudman.

 

Menurutnya, apresiasi  disampaikan karena ia menilai acara ini cukup penting dan sangat strategis terkait dengan konsep Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Republik Indonesia (RI), yakni Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MPEI) untuk wilayah barat.

 

Di dalam konsep  ini akan dikembangkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei dan pembangunan pelabuhan Kuala Tanjung.

 

“Namun sebelum itu terlaksana, maka Pelabuhan Belawan harus dimodernisasi. Untuk itu seluruh falitas pendukung dan sarana yang ada  harus dibenahi. Untuk itu  seluruh instansi terkait mulai Lantamal Belawan, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Syahbandar dan Pelindo harus sepakat untuk bersama-sama memodernisasi Pelabuhan Belawan,”  ungkapnya.

 

Dijelaskannya, modernisasi Pelabuhan Belawan penting dilakukan guna menjadikan pelabuhan ini menjadi lebih baik sekaligus pengembangan koridor wilayah barat.

 

“Itu harapan kita. Kalau modernisasi ini dilakukan dan Pelabhuhan Belawan semakin berkembang, maka dia otomatis akan mendukung peningkatan ekonomi rakyat di kawasan ini. Ini yang paling penting bagi kita,” jelasnya.

 

Dalam kesempatan itu Rahudman mengungkapkan,  pembangunan kawasan Medan bagian Utara kini menjadi prioritas utama. Atas dasar itulah 40 persen dari APBD Kota Medan digunakan untuk membangun Medan bagian Utara.

 

Salah satunya dengan membangun kawasan Sicanang menjadi wisata mangrove. Kemudian dilanjutkan dengan  perbaikan rumah-rumah  warga yang berada di pinggiran pantai.

 

Untuk infrastruktur, Rahudman menjelaskan, Pemko Medan tengah menjadikan Jalan KL Yos Sudarso  menjadi dua jalur dan empat lajur.

 

Selanjutnya akan diikuti dengan pengoperasian bus massal dengan kapasitas 40 penumpang. Bus yang akan dioperasikan nanti  jauh lebih baik sehingga warga yang memilihnya sebagai sarana transport  akan merasa lebih aman dan nyaman.

 

“Semua ini kita lakukan dalam rangka memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” ungkapnya. (Sumber: Sumutdaily.com)

BERITA TERKAIT :

  1. Pelabuhan Belawan Andalan Kota Medan
  2. Pemudik Mulai Berdatangan ke Medan Lewati Pelabuhan Belawan
  3. Walikota Dukung Pemindahan Terminal Belawan
  4. PEMBANGUNAN DERMAGA BICT MEDAN SELESAI 2015
  5. Pelabuhan Penumpang Belawan Direlokasi