subscribe: Posts | Comments

Jalur KA Sei Mangkei-Kualanamu Digodok

0 comments

JAKARTA.  Pengembangan jalur kereta api untuk menghubungkan pusat-pusat aktivitas perekonomian di wilayah Sumut terus dilakukan. Pengerjaan jalur KA dari Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei di Simalungun menuju Pelabuhan Kuala Tanjung di Batubara, sudah dimulai.

Sumber: kisahpembelajar.wordpress.com

Pengerjaan jalur sepanjang 30 kilometer tersebut, dengan biaya Rp25 miliar per kilonya,  ditargetkan baru akan kelar akhir 2013 dan mulai beroperasi 2014.

Nah, belum kelar proyek tersebut, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sudah mulai menggodok studi kelayakan pembangunan jalur KA dari Sei Mangkei ke Bandara Kualanamu. Perkiraan anggaran sekitar Rp 5 triliun.

“Kalau yang Sei Mangkei-Kuala Tanjung, itu kan sudah dimulai pengerjaannya. Nah, yang langsung ke Bandara Kualanamu, sekarang ini kajian teknis terus digodok secara mendalam. Perkiraan dana Rp5 triliun,” ujar Juru Bicara Kemenhub, Bambang S Ervan, kepada JPNN kemarin (18/7).

Targetnya, proyek ini dimulai tahun depan dan bisa dioperasikan pada 2015 mendatang. Target ini dengan asumsi pembebasan lahan berjalan mulus.

Terkait dengan jadwal pemindahan Bandara Polonia ke Bandara Kualanamu, Bambang, mengakui, sudah pasti nantinya akan muncul persoalan-persoalan.

“Perpindahan bandara di mana pun di dunia ini, pasti muncul masalah, terlebib bandara besar seperti Kualanamu. Yang terpenting, bagaimana masalah itu cepat diatasi. Tapi Insya Allah nantinya tidak terlalu kacau. Kita berharap tim punya tingkat kesigapan yang tinggi menyelesaikan setiap masalah yang muncul nantinya,” urai Bambang.

Diakui, saat ini konsentrasi lebih ke persoalan pemindahan bandara. Masalah pembukaan rute-rute baru dari atau ke Kualanamu, baru akan dibahas setelah pengoperasian bandara baru itu berjalan mulus.

“Kalau semua sudah lancar semua, barulah kita bicara soal rute dan maskapai penerbangan yang ingin masuk ke sana,” pungkasnya. (Sumber: jpnn.com)

BERITA TERKAIT :

  1. Hatta: Jalur KA Medan-Kualanamu, Pelabuhan Kuala Tanjung Prioritas
  2. Unilever Dipastikan Membangun Pabrik di Sei Mangkei
  3. Rel Kereta Api Sei Mangkei-Kuala Tanjung akan Dibangun
  4. PTPN III Bangun Jalur Kereta Api Rp 54 Miliar
  5. KEK Sei Mangkei Tunggu Penetapan PTPN III